Tips, Trik dan Kegunaan Branding

Assalamualaikum wr.wb

pagi guys, kali ini saya akan berbagi mengenai BRANDING, apa sih branding itu ? trips dan trik branding? apa tujuannya ? dan contoh nyata dalam persaingan pasar? 


ingat brand dan branding itu brbeda ya kalau "brand" itu mereknya .
Merek adalah nama, tanda, istilah, simbol, desain atau kombinasinya yang ditujukan untuk mengidentifikasi dan mendiferensiasi (membedakan) barang atau layanan suatu penjual dari barang atau layanan penjual lain  (Bilson Simamora : 2001).

Kegunaan branding adalah untuk memperkuat brand (merek), artinya produsen ingin merek tersebut di kenal luas di masyarakat kalau bisa produk yang sejenis di sebut dengan nama merek sebagai cotoh adalah produk air minum kemasan Aqua, semua orang pasti kenal sama aqua bahkan ketika beli air mineral di warung keanyakan orang blang “mau beli aqua bang” padahal nyatanya yang di beli bukan merk Aqua, lah itulah kelebihan dari branding bisa mengalihkan jenis produk dengan nama merk tertentu. Banyak contoh brand dengan kemampuan branding hebat di dunia ini, sperti : Odol, Coca-cola, indomie dan lain sebagainya.

Bagaimana sih tips dan triks branding yang bagus, ?

1. Gunakan log merek yang muda di kenal di lihat dan di ingat (contoh saja McDonald’s)
2. Konsistensi dari merek dagang, kalau udah stay di satu merek yakinin janan sampai bubah lagi
3. Desain yang menarik (packaging dll)
4. Ekspansi pasar secara besar-besaran, jika ingin cepat dalam branding salah satu syaratnya ya harus melakukan ekspansi pasar besar-besaran biar cepat di kenal
5.  Tonjolkan karakteristik produk
6.  Kepekaan terhadap pasar dan kemampuan bradaptasi


Setelah saya paparkan mengenai branding untuk memperkuat merek berikut beberapa tujuan branding:

1. Menjadikan produk anda kredibel dan dikenal luas
2. Menciptakan loyalitas/kesetiaan pelanggan
3.  Menghubungkan target pasar atau konsumen secara emosional
4. Menggerakkan atau memotivasi konsumen
5. Memungkinkan poduk anda menjadi market leader(pemimpin pasar)

Terus apa sih contoh produk yang besar gara-gara branding ?
Oke saya kasih contoh branding antara coca-cola dan pepsi (bukan bermaksud untuk menuju hal yang bersifat pidana, hana untk pembelajaran)

1.Coca-cola lebih konsisten dengan logo yang tidak berubah dari tahun 90an sedangkan pepsi logonya banyak berubah dari tahun-ketahun sehingga terkesan tidak konsisten oleh konsumen
2. Coca-cola melakukan ekspansi pasar besar-besaran sebelum pepsi, so ahirnya coca-cola jadi market leadernya minuman berkarbonasi meskipun menurut beberapa pendapat rasa pepsi lebi enak dibanding coca-coala, tapi itulah keunggulan dari branding.
3. Coca-cola juga peka terhadap konsumen di tunjukkan dengan inovasi coca-cola zero, kemasan pada bulan ramadhan dan sebagainya sehingga menarik hati konsumen

Sekian sharing saya mengenai branding, semoga bermanfaat untuk anda. SELAMAT BERAKTIFITAS !!!

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Anonim
AUTHOR
2 April 2022 pukul 08.01 delete

How to Play Casino: Easy Guide to playing slots on
Casino games are played by 4 players, the average 토토사이트 time they sol.edu.kg take turns is around 14:20. The house is divided into three 바카라 사이트 distinct kadangpintar categories: the https://tricktactoe.com/ house

Reply
avatar

EmoticonEmoticon

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
=)D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p
:ng