Assalamualaikum
wr.wb
pagi guys,
kali ini saya akan berbagi mengenai BRANDING, apa sih branding itu ? trips dan
trik branding? apa tujuannya ? dan contoh nyata dalam persaingan pasar?
ingat brand
dan branding itu brbeda ya kalau "brand" itu mereknya .
Merek
adalah nama, tanda, istilah, simbol, desain atau kombinasinya yang ditujukan
untuk mengidentifikasi dan mendiferensiasi (membedakan) barang atau
layanan suatu penjual dari barang atau layanan penjual lain (Bilson
Simamora : 2001).
Kegunaan branding
adalah untuk memperkuat brand (merek), artinya produsen ingin merek tersebut di
kenal luas di masyarakat kalau bisa produk yang sejenis di sebut dengan nama
merek sebagai cotoh adalah produk air minum kemasan Aqua, semua orang pasti kenal
sama aqua bahkan ketika beli air mineral di warung keanyakan orang blang “mau
beli aqua bang” padahal nyatanya yang di beli bukan merk Aqua, lah itulah
kelebihan dari branding bisa mengalihkan jenis produk dengan nama merk
tertentu. Banyak contoh brand dengan kemampuan branding hebat di dunia ini,
sperti : Odol, Coca-cola, indomie dan lain sebagainya.
Bagaimana sih
tips dan triks branding yang bagus, ?
1. Gunakan log
merek yang muda di kenal di lihat dan di ingat (contoh saja McDonald’s)
2. Konsistensi dari
merek dagang, kalau udah stay di satu merek yakinin janan sampai bubah lagi
3. Desain yang
menarik (packaging dll)
4. Ekspansi pasar
secara besar-besaran, jika ingin cepat dalam branding salah satu syaratnya ya
harus melakukan ekspansi pasar besar-besaran biar cepat di kenal
5. Tonjolkan karakteristik
produk
6. Kepekaan
terhadap pasar dan kemampuan bradaptasi
Setelah saya
paparkan mengenai branding untuk memperkuat merek berikut beberapa tujuan branding:
1. Menjadikan produk
anda kredibel dan dikenal luas
2. Menciptakan
loyalitas/kesetiaan pelanggan
3. Menghubungkan
target pasar atau konsumen secara emosional
4. Menggerakkan
atau memotivasi konsumen
5. Memungkinkan
poduk anda menjadi market leader(pemimpin pasar)
Terus apa sih
contoh produk yang besar gara-gara branding ?
Oke saya
kasih contoh branding antara coca-cola dan pepsi (bukan bermaksud untuk menuju
hal yang bersifat pidana, hana untk pembelajaran)
1.Coca-cola lebih
konsisten dengan logo yang tidak berubah dari tahun 90an sedangkan pepsi
logonya banyak berubah dari tahun-ketahun sehingga terkesan tidak konsisten
oleh konsumen
2. Coca-cola
melakukan ekspansi pasar besar-besaran sebelum pepsi, so ahirnya coca-cola jadi
market leadernya minuman berkarbonasi meskipun menurut beberapa pendapat rasa
pepsi lebi enak dibanding coca-coala, tapi itulah keunggulan dari branding.
3. Coca-cola juga peka terhadap konsumen di
tunjukkan dengan inovasi coca-cola zero, kemasan pada bulan ramadhan dan
sebagainya sehingga menarik hati konsumen
Sekian sharing saya mengenai
branding, semoga bermanfaat untuk anda. SELAMAT BERAKTIFITAS !!!